Rabu, 09 Juli 2014

Mengapa Pilih Manajemen?


Fakultas ekonomi sangat banyak ditemukan di berbagai kampus di Indonesia. Sehingga, siapapun yang ingin kuliah di fakultas ini tinggal memilih kampus mana yang terbaik serta memiliki fasilitas yang oke punya. Fakultas Ekonomi juga masih memiliki ruang lingkup kesempatan kerja yang sangat luas. banyak bidang pekerjaan yang nantinya bisa dilakoni oleh para alumni jurusan ini. Bisa bekerja di
Bank, menjadi marketing ataupun jadi akuntan, mau jadi ahli ekonomi, atau mau jadi pengusaha, PNS, atau dosen semuanya digodok di fakultas ekonomi ini. Yang akhirnya jadi sekertaris pun juga ada dari lulusan fakultas ini. Karena bidang ekonomi ini bisa dibilang fleksibel.

Selain banyak peluang kerja yang bisa diperoleh jika kuliah di Fakultas Ekonomi ini, biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi ini tidak semahal ketika seorang pelajar memilih jurusan kedokteran atau lainnya yang membutuhkan banyak biaya praktek laboratorium. Mungkin itu pula sebabnya fakultas ekonomi ini memang masih banyak diminati orang.

Kuliah di fakultas ekonomi memungkinkan alumninya berpikir untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Ini sangat penting, mengingat setiap tahunnya, Indonesia masih terus memiliki masalah peningkatan jumlah pengangguran. Para sarjana yang baru lulus kebanyakan selalu menempati porsi pengangguran di Indonesia sebelum akhirnya benar - benar mendapatkan pekerjaan. Dengan kuliah di fakultas ekonomi diharapkan para mahasiswa tidak akan menjadi pengangguran dulu sebelum mendapatkan pekerjaan. Tetapi para lulusan ekonomi bisa langsung kerja begitu lulus kuliah. Fakultas ekonomi itu sendiri dibagi dalam beberapa jurusan seperti ekonomi akuntansi, ekonomi manajemen, dan ekonomi pembangunan. Fakultas ekonomi juga dipelajari lebih luas lagi seiring dengan perkembangan zaman. Namun semuanya sama fokus pada masalah ekonomi. Dan masalah ekonomi ini sangat penting karena ilmu ini dibutuhkan untuk membangun negara ini agar semakin berkembang dan maju.

Tips Memilih Jurusan

1. Tentukan cita - cita. Jika ingin menjadi seorang dokter maka harus kuliah di jurusan kedokteran. Jangan asal pilih jurusan dan akhirnya membuat Anda menyesal karena Anda tidak menyukai bidang yang dipelajari.

2. Kenali dulu kemampuan diri dengan mengukur kekuatan dan kelemahan pada masa pelajaran tertentu.

3. Lihat peluang. Setelah merasa yakin dengan jurusan tersebut, harus diperhatikan apakah jurusan itu menjanjikan pekerjaan di masa mendatang atau tidak.

4. Pilih universitas yang tepat, yang memiliki reputasi, memiliki fasilitas mendukung, program maupun kegiatan yang menunjang pengembangan di jurusan tersebut.

5. Cari informasi yang sempurna. Sebelum Anda memutuskan untuk kuliah di salah satu jurusan tertentu, sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin dari guru, orang tua, teman, kakak, surat kabar, televisi atau internet agar Anda tidak salah mendapatkan informasi atau hanya setengah setengah saja dalam mendapatkan informasi.

6. Bagi Anda yang mampu mungkin tidak akan menemui kesulitan dalam memilih jurusan maupun tempat kuliah. Namun bagi mereka yang ekonominya pas - pasan, hal ini harus sangat diperhatikan. Sebaiknya pilihlah jurusan yang tidak terlalu memakan banyak biaya seperti biaya untuk praktikum dan sebagainya. Atau Anda bisa mengikuti program beasiswa jika ingin kuliah di jurusan yang sesuai dengan cita - cita namun tidak sanggup untuk membiayai. Beasiswa ini bisa Anda peroleh asalkan Anda benar - benar yakin dan berjuang untuk itu.

Pilih Kampus Yang Pas

1. Setiap universitas memiliki keunggulan masing - masing. Carilah universitas dimana jurusan yang Anda minati termasuk yang menjadi favorit di dalamnya.

2. Pilih universitas yang sudah memiliki akreditasi sesuai standar pendidikan di Indonesia.

3. Cari tahu siapa saja Dosen pengajarnya dan bagaimana kualitas para pengajar di tempat kuliah tersebut.

4. Cari tahu fasilitas apa saja yang tersedia di universitas tersebut untuk mendukung kegiatan belajar di jurusan yang akan Anda pilih.

5. Pilih universitas yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Sebab, biaya masing - masing universitas tidaklah sama. Tetapi tetap memilih kampus yang punya kredibilitas di mata masyarakat dan di dunia pendidikan.

sumber:http://bukanmotivasi.blogspot.com/2009/06/mengapa-pilih-fakultas-ekonomi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar